top of page
Writer's pictureGalang Wahyu Permata

SOTO MIE BOGOR


Soto merupakan kuliner khas Indonesia yang terjadi dari proses akulturasi budaya atau percampuran dari berbagai budaya yang kemudian menghasilkan sebuah kreasi menu baru.


Pengaruh industrialisasi juga merupakan faktor yang membuat soto semakin populer dimana sebuah rasa otentik sebuah soto khas suatu daerah. Seperti halnya soto mie bogor ini yang menjadi salah satu kuliner soto favorit masyarakat Indonesia.


Soto Mie Bogor merupakan campuran dari daging sapi, kikil, usus, urat, babat, risol, kentang atau lobak rebus, mie kuning, tomat, serta kol, yang dipadu dengan kuah, lalu ditaburi dengan daun bawang dan seledri, serta tambahan kerupuk emping. Berbeda dengan kuah soto pada umumnya yang berkuah bening atau menggunakan santan, kuah soto bogor terlihat berwarna kemerahan yang timbul dari campuran cabai merah dalam bumbunya.


Rasanya semakin pedas jika disajikan dengan sambal yang merupakan campuran cabai rawit dan cuka, serta jeruk nipis untuk menambah kesegaran rasanya. Hidangan pedas dan gurih ini cocok untuk disantap sebagai pendamping nasi, baik saat makan siang maupun makan malam.




Dan video dibawah ini merupakan tutorial memasak Soto Mie Bogor









1 view

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page